Friday, June 26, 2015

Kukus, Cara Cerdas Masak Sehat

VIVAlife - Bagaimana caranya membuat makanan bebas kolesterol, bebas lemak dan berat badan tak bertambah? Semua bahan makanan tentunya memiliki nutrisinya masing-masing. Tak ada masalah dengan bahannya, hanya saja semua tergantung dengan bagaimana makanan itu diolah.

Semakin mentah, makanan akan semakin baik dikonsumsi. Pemanasan berlebihan saat masak justru membuat nutrisi dalam makanan menjadi rusak. Tapi bukan berarti Anda harus memakan makanan yang mentah untuk hidup sehat. Metode uap atau kukus juga dapat menjanjikan kesehatan untuk Anda.

Teknik uap akan membuat daging mengeluarkan lemaknya secara langsung. Dengan begitu, daging tak akan terendam dengan cairan lemak, tidak seperti saat direbus atau digoreng.

Hal ini juga dapat diterapkan pada bahan sayuran. Dibandingkan dengan direbus, makanan dikukus lebih baik. Kandungan serat, dan nutrisi seperti vitamin B riboflavin, thiamin, niacin dan B12 tetap terjaga di dalamnya. Bahkan warna yang dihasilkan pun lebih cerah.

Melansir thirdage.com, ada beberapa cara yang harus dilakukan saat mengukus. Sebelum memasukkan sayuran, sebaiknya air dibiarkan mendidih dan mengeluarkan uap terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar sayuran cepat matang dan nutrisi di dalamnya tak banyak terbuang.

Untuk menambah rasa, Anda dapat mencampurnya dengan garam, lada dan bawang putih.

Nah, cukup mudah bukan?

life.viva.co.id

Related Posts

Kukus, Cara Cerdas Masak Sehat
4/ 5
Oleh