Wednesday, June 26, 2013

Sehat dengan Makanan Kukus

Anda pasti sering dan terbiasa menikmati makanan yang dihidangkan dengan cara digoreng atau pun dipanggang. Tapi, pernahkah Anda mencoba makanan yang dihidangkan dengan cara dikukus?

      Ahli nutrisi dan makanan menyebutkan bahwa makanan yang digoreng dan dipanggang sering kali kehilangan sebagian kandungan gizi dan nutrisinya. Oleh karenanya, para ahli menyarankan untuk mengukus makanan, sebab dengan dikukus, kandungan vitamin, flavanol (kandungan konsentrat alami yang berfungsi sebagai anti oksidan), dan proteinnya dapat terjaga.

Pengukusan makanan biasanya hanya mengurangi 15% dari kandungan gizi dan nutrisi suatu makanan. Anda tidak perlu khawatir dengan rasa yang tercampur bila Anda mengukus dua jenis masakan yang berbeda. Mengukus merupakan cara mengolah makanan yang praktis karena makanan lebih cepat matang.

      Hampir semua jenis makanan dapat dikukus. Seperti sayuran, meski warnanya sedikit berubah, namun kandungan gizi dan nutrisinya tetap terjaga. Ikan-ikanan dan daging sapi pun dapat dikukus. Meski sedikit mengurangi cita rasa, Anda dapat menambahkan saus dan bumbu untuk membuat masakan lebih sedap.

melindahospital.com

Related Posts

Sehat dengan Makanan Kukus
4/ 5
Oleh